Jumat, 24 April 2009

ERICK Hariyona : "Saudagar Minang Optimis Hadapi Krisis Global"

VIVAnews - Perkumpulan Saudagar Muda Minang (SMM) menargetkan 10 ribu anggota yang tersebar di Indonesia dan luar negeri. Padahal, perkumpulan itu baru saja dilantik Wakil Presiden Jusuf Kalla pada 12 Oktober 2008. "Sekarang yang mendaftar baru 1.200 anggota," kata Ketua Umum Saudagar Muda Minang Fahira Fahmi Idris di Jakarta, Jumat, 17 Oktober 2008. Fahira mengatakan, Saudagar Muda Minang sedang mengejar sejumlah proyek investasi dan berkonsentrasi pada potensi wisata Sumatera Barat. Di antaranya, penyusunan peta wisata Sumatera yang terinspirasi dari negara Singapura dan renovasi gedung-gedung kuno untuk hotel hunia di Padang dan Bukittinggi. "Konsep hotel tidak akan bergaya mewah, yang terpenting nyaman dengan ruang serba guna yang optimal.

Dia menambahkan, di sektor bisnis, perkumpulan juga akan mengaktifkan jejaring melalui minang card dan penguatan sistem keamanan kebakaran pada perusahaan-perusahaan minyak di Sumatera Barat. Bahkan, Minang Trading House sudah dibangun di Jalan Kemang Selatan No. 6. Fahira mengakui, saat ini belum ada pembahasan anggaran dan pendanaan. Namun, nantinya sumber pendanaan akan diambil dari anggota Saudagar Muda Minang di masing-masing divisi, jejaring, dan beberapa bank pemberi kredit. Menanggapi menjamurnya warung makan Padang di Indonesia, Fahira mengatakan, perkumpulan berniat memfasilitasi bahan baku rumah makan tersebut dari produksi Sumatera Barat sendiri. "Bayangkan, jika 23.600 warung Padang yang setiap hari membutuhkan 20 kelapa, sebanyak 400 ribu kelapa yang bisa diambil dari Sumatera Barat," jelasnya.

Dalam kepengurusannya tambah dia, Saudagar Muda Minang akan bersinergi dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sumatera Barat. Sementara itu, Ketua HIPMI Sumatera Barat Erick Hariyona mengatakan, optimistis proyek investasi Saudagar Muda Minang tidak akan terpengaruh krisis global. "Yang mengkhawatirkan adalah naiknya BI rate yang berpengaruh pada kredit usaha kecil dan menengan," kata Erick di tempat yang sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar